Pengertian, Ciri-ciri, biografi tokoh kecerdasan naturalis

   Assalamualaikum wr.wb.
Kali ini saya akan memberi informasi tentang pengertian, ciri-ciri, dan beberapa tokoh dari kecerdasan Naturalis.

A. PENGERTIAN
   Kecerdasan naturalis adalah salah satu dari teori Howard Gardner, yaitu salah satu dari macam – macam kecerdasan yang ada dalam buah pikirannya mengenai sembilan macam Multiple Intelligence. Hal ini menunjukkan seberapa sensitif seseorang terhadap alam dan dunia di sekelilingnya. Orang – orang yang mempunyai kecerdasan naturalis biasanya tertarik kepada aktivitas seperti menanam tanaman, memelihara binatang atau tertarik mempelajari tentang dunia binatang dan dunia tanaman. Para penjaga kebun binatang, ahli biologi, tukang kebun, dan dokter hewan adalah diantara orang – orang yang dilihat Gardner memiliki kecerdasan naturalis yang tinggi.

B. CIRI – CIRI ORANG YANG MEMPUNYAI KECERDASAN NATURALIS
   Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri seseorang yang memiliki kecerdasan Naturalis
1)Dapat melihat pola dan irama dari sekelilingnya dengan mudah dengan mengamati, perbedaan, persamaan, atau anomali.
2)Dapat menunjukkan hal – hal di lingkungannya yang dilewatkan orang lain.
3)Memiliki ingatan yang tajam mengenai detail, sering mengamati dan mudah mengingat hal – hal dari lingkungannya.
4)Memiliki indera yang tajam dalam penglihatan, penciuman, pendengaran, sentuhan dan bahkan mungkin memiliki indera ke enam.
5)Menyukai binatang dan senang mengetahui berbagai hal tentang hewan
6)Sangat menyukai kegiatan luar ruangan seperti berkebun, berkemah, hiking atau mendaki, bahkan hanya duduk diam dan mengamati berbagai perubahan tidak kentara di lingkungannya.
7)Menyukai buku atau pertunjukan mengenai fenomena alam.
8)Mengoleksi berbagai hal mengenai fenomena alam, objek alam, jurnal, gambar – gambar, dan tulisan hasil pengamatannya sendiri.
9)Menunjukkan kepedulian mengenai ancaman pada lingkungan termasuk pada ancaman kepunahan suatu spesies.
10)Mudah mempelajari karakteristik dan hal yang berkaitan dengan spesies di seluruh dunia.

C. BIOGRAFI
Berikut ini adalah tokoh-tokoh beserta biografi seseorang yang mempunyai kecerdasan naturalis.


1)GREGOR MENDEL
    Gregor Johann Mendel (lahir di Hynčice (Heinzendorf bei Odrau), Kekaisaran Austria , 20 Juli 1822 – meninggal di Brno, Kekaisaran Austria-Hungaria , 6 Januari 1884 pada umur 61 tahun) adalah ilmuwan dan biarawanAugustinian berbahasa Jerman Silesian yang meraih ketenaran anumerta sebagai pendiri baru ilmu dari genetika. Mendel menunjukkan bahwa warisan biologis gen tertentu darisifatdalam tanaman kacang ercis mengikuti pola-pola tertentu, sekarang disebut sebagai Hukum Mendel. Makna mendalam dari karya Mendel tidak diakui sampai pergantian abad ke-20, ketika ditemukan kembali hukum-hukum Mendel memprakarsai ilmu genetika modern.


2) CHARLES DARWIN
      Charles Robert Darwin, FRS FRGS FLS FZS[2] (/ˈdɑːrwɪn/;[3] 12 Februari 1809 – 19 April 1882) adalah seorang naturalis dan ahli geologiInggris,[4] paling dikenal untuk kontribusinya kepada teori evolusi.[I] Dia menetapkan bahwa semua spesies dari kehidupan telah diturunkan dari waktu ke waktu dari nenek moyang bersama,[5] dan dalam publikasi bersama dengan Alfred Russel Wallacememperkenalkan teori ilmiah bahwa pola percabangan evolusi dihasilkan dari sebuah proses yang dia sebut seleksi alam, di mana perjuangan untuk eksistensi memiliki efek yang sama dengan seleksi buatan yang terlibat dalam pemuliaan selektif.



3) E.O. WILSON
      Edward Osborne "E. O." Wilson (lahir 10 Juni 1929) adalah seorang biolog, peneliti, dan pengarang Amerika Serikat. Spesialisasinya adalah dalam bidang mirmekologi, atau ilmu yang mempelajari semut, dan dalam bidang tersebut ia dianggap sebagai ahli terkemuka dunia. Wilson dikenal sebagai "bapak sosiobiologi". Ia juga merupakan pendukung pelestarian lingkungan hidup dan gagasan humanisme sekuler dan deisme. Wilson pernah menjabat sebagai profesor entomologi di Universitas Harvard. Ia dua kali memenangkan Hadiah Pulitzer untuk bukunya yang berjudul On Human Nature (1979) dan The Ants (1991, ditulis bersama Bert Hölldobler).


4) JOHN JAMES AUDOBON
     John James Audubon (lahir Jean Rabin ; 26 April 1785 - 27 Januari 1851) adalah seorang ahli ornitologi , naturalis , dan pelukis Amerika. Dia terkenal karena penelitiannya yang ekstensif yang mendokumentasikan semua jenis burung Amerika dan ilustrasi rinci yang menggambarkan burung-burung di habitat alami mereka. Karya besarnya, sebuah buku piring warna berjudul The Birds of America(1827-1839), dianggap sebagai salah satu karya ornitologi terbaik yang pernah ada.Audubon mengidentifikasi 25 spesies baru.




5) WILLIAM BLISS BAKERS

        William Bliss Baker (27 November 1859 - 20 November 1886) adalah seorang seniman Amerika yang mulai melukis tepat saat sekolah Sungai Hudson runtuh. Baker memulai studinya pada tahun 1876 di National Academy of Design , di mana dia belajar dengan Bierstadt dan de Haas . Dia kemudian mempertahankan studio di Clifton Park, New York ; dan New York City , di mana dia melukis dengan minyak dan cat air . Dia menyelesaikan lebih dari 130 lukisan, termasuk beberapa di hitam dan putih. Pada usia 26, Baker baru saja mulai mencapai langkahnya sebagai pelukis lansekap saat meninggal di rumah ayahnya di Hoosick Falls, New York . The New York Times mengatakan bahwa kematiannya "mencabut Amerika dari salah satu senimannya yang paling menjanjikan."


6) CHICO MENDES
       Francisco "Chico" Alves Mendes Filho lahir pada 15 Desember 1944, di sebuah cadangan karet bernama Seringal Bom Futuro, [2] di luar Xapuri , sebuah kota kecil di negara bagian Acre. Dia adalah anak dari penyadap karetgenerasi kedua, Francisco Mendes, dan istrinya, Irâce. [3] Chico adalah satu dari 17 saudara kandung - hanya enam di antaranya yang masih hidup sejak kecil. [4] Pada usia 9 tahun, Chico mulai bekerja sebagai penyadap karet. [5] Sekolah umumnya dilarang di perkebunan karet. Pemiliknya tidak ingin para pekerja bisa membaca dan melakukan aritmatika, karena mereka kemungkinan besar akan menemukan bahwa mereka dieksploitasi. Mendes tidak belajar membaca sampai usianya 18 tahun.


7)  IMMANUEL KANT
          Immanuel Kant (lahir di Königsberg, Kerajaan Prusia, 22 April 1724 – meninggal di Königsberg, Kerajaan Prusia, 12 Februari 1804pada umur 79 tahun). Kota itu sekarang bernama Kaliningrad di Rusia. Dia berasal dari keluarga pengrajin yang sederhana. Ketika Kant masih muda, usaha ayahnya bangkrut. Kehidupan mereka harus didukung oleh keluarga besar orang tuanya. Kant penuh dengan kerendahan hati dan sangat disiplin. Kant kemudian menjadi guru besar untuk logika dan metafisika di Universitas Königsberg. Dia secara rutin menyajikan kuliah tentang geografi fisik. Hal ini dilakukannya sepanjang tahun sampai tahun 1796. Dalam pengantar kuliahnya, dia selalu menegaskan tempat geografi dalam dunia ilmiah. Dia memberikan landasan falsafi bagi geografi sebagai pengetahuan ilmiah.

8) SIR EDMUND EVEREST

Sir Edmund Percival Hillary KG, ONZ, KBE(Tuakau, 20 Juli 1919—Wellington 11 Januari2008), adalah seorang pendaki gunung. Ia menjadi terkenal karena ialah yang pertama kali menaklukkan Gunung Everest, puncak tertinggi Pegunungan Himalaya. Mereka sampai ke puncak gunung 8.850 meter pada tanggal 29 Mei 1953, dalam pendakiannya Edmund Hillary dibantu oleh 150 pendaki profesional dtambah 750 orang pendukung perbekalan bersama pemandu Sherpa, Tenzing Norgay. Setelah berhasil, Edmund Hillary terutama memusatkan perhatiannya untuk memperbaiki kondisi hidup penduduk Nepal, terutama kaum Sherpa.

9) ABU RAIHAN AL BIRUNI
Abu Raihan Al-Biruni (juga, Biruni, Al Biruni; lahir 5 September 973 – meninggal 13 Desember 1048 pada umur 75 tahun) (bahasa Persia: ابوریحان بیرونی ; bahasa Arab: أبو الريحان البيروني) merupakan matematikawan Persia, astronom, fisikawan, sarjana, penulis ensiklopedia, filsuf, pengembara, sejarawan, ahli farmasi dan guru, yang banyak menyumbang kepada bidang matematika, filsafat, obat-obatan, dan menyatakan bumi itu bulat.
Abu Raihan Al-Biruni dilahirkan di Khawarazmi, Turkmenistan atau Khiva di kawasan Danau Aral di Asia Tengah yang pada masa itu terletak dalam kekaisaran Persia. Dia belajar matematika dan pengkajian bintang dari Abu Nashr Mansur.Abu Raihan Al-Biruni merupakan teman filsuf dan ahli obat-obatan Abu Ali Al-Hussain Ibn Abdallah Ibn Sina/Ibnu Sina, sejarawan, filsuf, dan pakar etik Ibnu Miskawaih, di universitas dan pusat sains yang didirikan oleh putera Abu Al Abbas Ma'mun Khawarazmshah.

10) NORMAN EDWIN
Norman Edwin (1955 - 1992) adalah pecinta alam legendaris dan wartawan Kompas. Penggiat kegiatan alam terbuka di Indonesiamengenang Norman Edwin sebagai salah satu pelopor ekspedisi besar ke beberapa gunung ternama dunia. Ia banyak menulis tentang kegiatan penjelajahan alam di sejumlah majalah dan surat kabar pada tahun 1980-an.
Ia wafat pertengahan April 1992 saat mendaki Gunung Aconcagua (6.959 meter di atas permukaan laut) di perbatasan Argentina - Cile bersama rekannya, Didiek Samsu Wahyu Triachdi. Pendakian tersebut adalah bagian dari seri pendakian oleh Mapala UI dalam ekspedisi Seven Summit atau pendakian tujuh puncak dunia (Aconcagua, Cartensz Pyramiddi Papua [4.884 mdpl], McKinley di Alaska(Amerika Serikat) [6.194 mdpl], Kilimanjaro di Tanzania (Afrika) [5.894 mdpl], dan Elbrus di Rusia [5.633 mdpl]).

Itulah pengertian, ciri-ciri, dan beberapa tokoh dari kecerdasan Naturalis. Akhir kata saya ucapkan
wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatu

Comments